Miris Melihat Persaingan Yang Tidak Sehat di Dunia Maya

Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak didunia masuk kedalam 5 negara dengan penduduk terbanyak dibandingkan dengan negara lain. China, India, USA, Indonesia demikian informasi yang saya dapatkan.

PLAN

Dari sisi bisnis hal ini tentu saja menjadi sebuah pasar yang sangat luas walau daya beli masyarakat Indonesia tergolong kedalam level masyarakat dengan penghasilan dibawah rata-rata jika kita kalkulasikan secara keseluruhan. Terlepas dari masalah tersebut yang akan kita bicarakan dalam posting saya pertama ini adalah mengenai timbulnya persaingan yang tidak sehat antar pebisnis di dunia maya (internet).

Peluang dan Pengenalan Pasar Internet

Pengguna layanan internet di negara kita sekarang ini sudah mencapai angka 80jt lebih dan akan terus meningkat seiring ketersediaan sarana yang memadai terutama sistem jaringan dan penyedia (provider) ISP (Internet Service Provider).

Sebagian pengusaha offline yang cerdik melihat hal ini menjadi sebuah kesempatan besar untuk mendapatkan konsumen melalui internet seperti:

  1. Membuat website
  2. Membuat blog
  3. Membuat e-commerce
  4. Dll

Timbul Persaingan Negatif

Pada dasarnya persaingan didunia maya dan didunia nyata tidak ada bedanya malah persaingan diarean bisnis internet boleh dibilang lebih keras + tidak mengenal aturan. Di internet siapapu bisa melakukan hal negatif tanpa teridentifikasi bila diusut dengan cara biasa saja.

Hal ini kemudian kita anggap lumrah karena memang demikian adanya. Dunia internet adalah dunia tanpa batas, tanpa polisi dan hukum yang terlihat dengan nyata.

Berusaha Dalam Bisnis Online

Sudah sepatutnya bila anda berusaha dengan keras mencari rezeki yang halal melalui internet walau sudah mengetahui betapa liarnya kehidupan dialam maya ini. Ada beberapa pengetahuan yang harus anda kuasai agar bisa eksis mencapai apa yang di inginkan dalam berusaha membuat usaha dialam internet seperti:

  1. Memahami esensi dunia maya
  2. Bisa mengelola media pemasaran
  3. Bisa mempromosikan usaha

Ketiga hal itu akan saya jelaskan dibawah ini mudah-mudahan anda belum letih membaca artikel yang khusus saya buat untuk anda semua.

Esensi, Mengelola dan Berpromosi

Esensi dari bekerja membuat usaha secara online adalah mencari nafkah dengan cara yang sehat dan halal, jujur dan terus dilakukan dengan secara konsisten dari waktu ke waktu.

Mengelola usaha di internet harus paham tekhnologi atau setidaknya anda harus belajar bagaimana mengoprasikan dan mengendalikan sebuah website, toko online atau gerai store yang berisi barang dagangan anda yang dijual secara online.

Berpromosi dengan baik dan benar dengan cara-cara efektif seperti memasang iklan pada Google Adword, menggunakan Jasa SEO, mengadakan promo di beberapa jejaring sosial yang ada seperti Facebook, Twitter dan masih banyak lagi.

Berpromosilah Dengan Biaya Murah Tapi Efektif

Dari beberapa kegiatan berpromosi yang sudah saya tuliskan tadi, menggunakan layanan SEO (Search Engine Optimization) lha yang benar-benar cara yang tepat, murah dan efektif karena bisa anda kerjakan sendiri atau mempergunakan pihak SEO Master yang telah mengerti dengan baik hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran online.

Tapi bila anda memiliki budget yang besar tidak ada salahnya juga untuk mempergunakan layanan iklan Adword atau iklan Yahoo lainnya agar proses pengenalan produk yang anda jual semakin cepat didengar masyarakat terutama para calon pembeli.

SEO dan program iklan pada dasarnya sama saja yakni mencapai angka penjualan yang kita inginkan dengan biaya yang murah namun hasil yang berkesinambungan dari menit, jam, hari dan tahun terus berganti.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s